Mengenal Bogor EduCARE


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Masih teringat 1 tahun yang lalu tepatnya setelah lulus SMA, saya mengetikan keyword “kuliah gratis di Bogor” pada search engine yang dimiliki oleh si mbah google yang diketikkan di warnet kesayangan saya hehe. Ternyata muncul lah beberapa blog dan web yang memberitahukan saya pada suatu kampus atau lembaga pendidikan yang memang saya pun kaget dan sempat aneh ketika saya melihat kata Bogor EduCARE pada list search engine mbah google tersebut.

Bogor EduCARE itu apa? Apa benar GRATIS? Dimana kampusnya? Itu pertanyaan yang pertama kali muncul di benak saya. Parahnya, mungkin saya bisa dibilang kudet alias kurang update, karena saya adalah orang Bogor asli, lahir di Bogor, tinggal di Bogor, dan sekolah pun di Bogor.

Gengsi dong kalau saya orang Bogor sendiri nanti dibilang kudet kalau ada yang bertanya, “Chan.. Bogor EduCARE itu dimana sih kampusnya?” terus saya jawab “Bogor EduCARE? Itu kampus apa? Saya juga baru denger” Aduh saya rasanya kalau saya seperti itu pasti malu. Nah untuk mengatasi hal itu, dan kebetulan saya juga sedang mencari kuliah yang benar-benar gratis yang bisa meringankan beban kedua orang tua saya. Hati saya pun bersemangat untuk mengklik web resmi Bogor EduCARE lalu mencari jawaban atas pertanyaan saya ketika saya melihat kata Bogor EduCARE tersebut.

Bogor EduCARE itu apa?

Bogor EduCARE adalah lembaga pendidikan yang menyediakan kuliah beasiswa penuh (100% GRATIS) jurusan Administrasi bisnis berbasis bahasa Inggris dan Komputer. Didirikan atas dasar kepedulian dan keprihatinan Bapak H. Achmad Kalla mengenai kualitas karyawan diberbagai perusahaan yang kurang memiliki kemampuan bahasa Inggris dan komputer.

Apa benar GRATIS?

Mungkin pertanyaan ini kurang bisa dijawab dengan meyakinkan jika kita memang tidak langsung merasakan apa yang dimaknakan kata GRATIS itu. Waktu itu saya memang sempat ragu, dan menganggap hal mustahil karena tidak mungkin lembaga pendidikan tidak berlabel universitas tapi mampu menyediakan kuliah beasiswa penuh alias gratis. Pikir saya sebelum masuk menjadi bagian di Bogor EduCARE.

Sejak pendaftaran dan sampai sekarang menjadi mahasiswa Bogor EduCARE, akhirnya semua keraguan itu sekarang sudah bisa terjawab dengan sangat jelas dan benar-benar merasakan bagaimana kuliah gratis itu.

Dari mulai pendaftaran, Bogor EduCARE tidak meminta biaya sepeser pun untuk membayar pendaftaran masuk tersebut. Dengan memberikan kemudahan, pendaftar bisa mengambil formulir pendaftaran langsung di kampus Bogor EduCARE atau pun bisa mendownload dan print out sendiri.  Begitu juga gratis untuk tahapan-tahapan yang selajutnya.

Minggu pertama masuk kampus, tidak bosan-bosannya saya sangat bersyukur. Mengapa demikian? Karena Bogor EduCARE memberikan jawaban yang melebihi pertanyaan saya. Tidak hanya Gratis dalam hal biaya perkuliahan, Bogor EduCARE juga memberikan makan siang secara gratis pula. Sungguh ini sangat menunjang perkuliahan kita, karena dengan perut kita terisi maka pelajaran pun akan semakin mudah untuk terisi ke otak kita. Dan ini memang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa yang mungkin sangat jarang ditemukan di kampus lain. Dengan kata lain, mahasiswa jadi bisa mengirit pengeluaran harian juga tentunya hehe.

Bidang Akademik Bogor EduCARE

Kualitas Bogor EduCARE dalam bidang akademik tidak bisa kita pandang sebelah mata. Walaupun Bogor EduCARE hanya berjenjang D1 (tanpa gelar) tapi skill yang dimiliki para mahasiswanya sudah tidak diragukan lagi.

Dalam bidang akademik ini, mahasiswa tidak hanya terfokus dalam bidang administrasi  bisnis saja, tapi mahasiswa juga lebih ditekankan untuk menguasai bahasa Inggris dan komputer.  Dalam bidang bahasa Inggris merupakan hasil kajian dari kurikulum S1 yang sudah disederhanakan dan disesuaikan untuk tingakat D1. Begitu juga dalam bidang komputer, kita belajar begitu banyak seputar dunia yang berhubungan dengan komputer. Yang mungkin dapat menunjang masa depan kita nantinya, karena dengan teknologi kita dapat menggenggam dunia. Adapun pelajaran dalam bidang komputer yang bisa kita dapatkan apabila kita kuliah di Bogor EduCARE antara lain :

Microsoft Office Word
Microsoft Office Excel
Microsoft Office PowerPoint
Typing (mengetik 10 jari) 
Computer Trouble Shooting
Web & Internet
Desain Grafis

Kedua hal tersebut tidak akan berarti tanpa adanya Perilaku yang baik/attitude. Bogor EduCARE sangat mengutamakan dalam hal tingkah laku atau etika para mahasiswanya. Mengapa demikian? Karena orang pintar akan kalah dengan orang yang beretika. Maka dari itu, Bogor EduCARE menggabungkan keduanya. Selain mempunyai skill atau kepintaran dalam bidang akademik, para mahasiswa juga di didik untuk menjadi orang yang berkelakuan baik (akhlakul kharimah).

Hal Yang Jarang Ditemukan Di Kampus Lain

Bogor EduCARE membentuk mahasiswa dengan keperibadian (akhlak) yang baik.  Tidak hanya mengutamakan kualitas dalam hal pendidikan saja, Bogor EduCARE juga sangat mengedepankan kepribadian setiap mahasiswanya. Dalam pembentukan kepribadian (akhlak) tersebut, Bogor EduCARE mempunyai cara yang memang ampuh untuk membentuk semua itu. Salah satunya adalah mentoring.

Mentoring adalah kajian islami yang diwajibkan bagi mahasiswa untuk membentuk akhlak dan mengexplore pengetahuan mahasiswa akan agamanya sendiri (Islam) yang dilaksanakan setiap 1x dalam 1 minggu.

Salah satu hal yang membuat saya terkagum-kagum akan Bogor EduCARE adalah kampus yang selalu terjaga kebersihannya. Tidak dipungkiri lagi, bahwa jika tempat dimana kita beraktivitas khususnya belajar dalam kondisi bersih akan meningkatkan semangat dan mood kita untuk menuntut ilmu. Ilmu lebih cepat diserap oleh otak kita ketika kita saat belajar tidak terganggu dengan hal-hal kotor yang ada di sekeliling kita.

Mengapa selalu bersih? Ada yang unik untuk menjawab pertanyaan tersebut. Pertama, Bogor EduCARE menyediakan beberapa rak sepatu untuk menyimpan sepatu para mahasiswanya, dengan kata lain tidak boleh masuk menggunakan alas kaki hehe. Mungkin cara pertama ini sangat efektif untuk menjaga kebersihan lantai kampus.

Kedua, Bogor EduCARE membentuk suatu Divisi yang saya rasa jarang ditemukan di kampus lain, yaitu Divisi CIBEC (Cinta Bogor EduCARE). Bertugas untuk mengatur kebersihan dan piket yang setiap hari dilakukan secara bergantian setiap kelasnya. Jadi kira-kira dalam 1 hari ada 2 kelas yang bertugas untuk membersihkan SELURUH bagian dari kampus. So, lingkungan kampus sudah pasti selalu bersih tentunya.

Ketiga, Bogor EduCARE tidak mengijinkan untuk para mahasiswanya membawa dan menggunakan alat elektronik seperti handphone, laptop, kamera, dsb ke dalam lingkungan kampus. Hal itu didasarkan agar mahasiswa bisa lebih fokus dalam belajar serta agar tidak adanya kecemburuan sosial yang terjadi diantara para mahasiswanya.

Mungkin perkenalan seputar Bogor EduCARE semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Bila ada saudara, teman, ataupun ada orang yang memang ingin kuliah mungkin terbatas dalam ekonomi, ayo daftarkan segera ke kampus Bogor EduCARE. Selagi ada yang gratis dan berkualitas kenapa tidak? Ini semua demi kesuksesan kita semua.

Sedikit tambahan, ini ada sedikit karya video yang saya buat dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Dengan Ms. PowerPoint memang bisa? Yup tentu saja bisa! Dan semua itu saya pelajari di Bogor EduCARE. Pengen punya banyak ilmu dan skill berkualitas? Ayo kuliah di Bogor EduCARE!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

11 komentar

Keren, mantap artikelnya bang chand ...

Hehe makasih mang ntis :D makasih juga udah baca dan berkunjung ke blog ini :D

wah bagus nih untuk membangun ahlak :). sukses selalu untuk agan.

Aamiin.. iya gan saya sangat merekomendasikan, semoga informasi ini bermanfaat :)

Assalamualaikum, ka numpang copas yah, hehe

assalamualaikum, ka numpang kopas yee hihi :)

assalamualaikum, ka numpang kopas yee hihi :)

Wa'alaikumussalam.. silahkan, asalkan menyertakan link sumbernya ya :)

semoga makin banyak yang berkunjung ke blog kaka yaaa:) bermanfaat sekali :)

Assalamu'alaikum info yang sangat bermanfaat :) (y) sering dengar sih saya tentang Bogor EduCARE tp pas kmrn ada yg ngasih tau ngetik deh di mbah google masuk link aslinya dan nyari di blog/web lain pas baca menarik nih langsung nge klik CSKITA.net . Syukron kang chand smoga Bogor EduCARE dpt membentuk akhlakul karimah dalam pergaulan remaja saat ini. Tp apa bisa ya lulusan SMK tahun kmrn tuk masuk ke Bogor EduCARE??

Wa'alaikumussalam, terima kasih kang atas ulasannya, salam kenal ya :) Untuk mendaftar kuliah di Bogor EduCARE bisa dari SMA maupun SMK (semua jurusan) dengan umur maksimal 22 tahun. Semoga dapat membantu :) Ditunggu ya menjadi bagian dari Bogor EduCARE hehe

Tinggalkan jejakmu dengan menulis di kolom komentar :)
EmoticonEmoticon