Assalamu'alaikum Wr. Wb
Selamat malam teman, apa kabarnya? semoga dalam kondisi sehat wal afiyat ya karena kalo kondisi lagi sehat, tentunya mau dong baca postingan ini sampe selesai hehe
Di postingan kali ini, berhubung ini tugas kuliah yang baru aja dikasih hari ini dan harus difahami dan dikumpulkan besok. jadi di postingan kali ini, saya mau ngasih tips dan trik pengetahuan tentang Cara Mengoperasikan MS. Excel TANPA MENGGUNAKAN MOUSE. hah tanpa mouse? emang bisa? terus kita ketik apa aja dong di keyboard kalo tanpa mouse gitu? PENGEN TAU? tenang aja, semuanya bisa ko. ok, yuk kita pelajari! Baca sampe selesai yaa :)
Pertama : kita LEPASKAN MOUSE pada PC/Laptop kita
kedua : buka program MS. Excel dengan cara :
di Windows 7 : klik shortcut windows pada keyboard, lalu ketikan Microsoft Excel lalu Enter.
karena saya pake Windows 8 maka caranya seperti ini :
1. klik shortcut windows pada keyboard => Tab (arahkan ke menu search) => Enter => lalu ketikan Microsoft Excel => Enter.
2. tuliskan data yang ingin kita buat. contoh
3. Maka akan terbuka Blank workbook MS. Excel. setelah itu, coba kita ketik ALT. maka akan muncul tampilan seperti ini
4. karena penulisan berada di kolom A s/d F dengan kata lain tidak rapi (masih ada garis pembatas), maka untuk merapikannya kita gunakan cara sebagai berikut :
sebelum kita mengedit, kita harus memblok/drag tulisan tersebut dengan cara letakan pada kolom A1 => tekan SHIFT + ARAH KANAN untuk mendrag sebagian yang ingin kita edit. langkah selanjutnya ketik ALT + H maka akan seperti ini
5. setelah kita ketikan ALT + H langkah selanjutnya kita ketik M => ketik huruf C atau ketik tanda arah panah bawah untuk memilih costum marge. kita ambil contoh marge & center
6. karena pada kolom tidak cukup untuk tulisan, maka untuk merapikannya caranya sebagai berikut
sebelum kita mengedit, tempatkan dulu kursor pada kolom F di baris ke 2/yang ada di bawah tulisan. lalu ketik ALT + H => O => pilih dengan cara mengetik arah bawah, atau yang lebih cepatnya ketik huruf W.
mungkin cuma segitu dasarnya cara mengoperasikan MS. Excel. intinya ilmu itu bisa diterapkan di setiap MS. OFFICE. pada dasarnya cuma ngoperasikan pake ALT saja, dan buat selanjutnya pasti terdapat keterangan. nah tinggal ikutin aja dan jangan takut buat mencoba.
mungkin ini sebagian cara-cara singkatnya :
No
|
Shortcut
|
Fungsi
|
1
|
ALT + H
|
Membuka ribbon HOME
|
2
|
ALT + H + FF
|
Merubah jenis font
|
3
|
ALT + H + H
|
Merubah fill color
|
4
|
ALT + H + FC
|
Merubah warna font
|
5
|
ALT + H + AC
|
Mengatur rata tengah
|
6
|
ALT + H + B + A
|
Membuat garis tepi dari
komponen
|
7
|
ALT + H + M
|
Menggabungkan 2 sel atau
lebih
|
8
|
ALT + H + O + W
|
Mengatur lebar kolom
|
9
|
ALT + H + N
|
Merubah format number
|
10
|
ALT + H + O + R
|
Merubah nama SHEET
|
11
|
ALT + H + 1
|
Memberi efek tebal pada sebuah
teks
|
12
|
ALT + H + 2
|
Memberi efek miring pada sebuah teks
|
13
|
ALT + H + 3
|
Memberi garis bawah pada
sebuah teks
|
14
|
ALT + H + U
|
Memberikan rumus AutoSum
atau rumus lain secara otomatis
|
15
|
ALT +H + FM
|
Mengatur format sel
|
16
|
ALT + H + AN
|
Merubah jenis mata uang
|
17
|
ALT + H + I
|
Menyisipkan/memasukan sel,
baris, dan kolom
|
18
|
ALT + 1
|
Menyimpan file
|
19
|
ALT + F
|
Membuka ribbon FILE
|
20
|
ALT + N
|
Membuka ribbon INSERT
|
21
|
ALT + P
|
Membuka ribbon PAGE LAYOUT
|
22
|
ALT + M
|
Membuka ribbon FORMULA
|
23
|
ALT + O + H
|
Mengatur panjang kolom
|
24
|
ALT + H + AL
|
Mengatur rata kiri teks
|
25
|
ALT + H + AR
|
Mengatur rata kanan teks
|
26
|
ALT + F + A
|
Menyimpan file dengan nama
baru
|
27
|
ALT + F + O
|
Membuka dokumen
|
28
|
ALT + F + N
|
Membuat dokumen/membuat
workbook baru
|
29
|
CTRL + PAGE DOWN/UP
|
Membuka/pindah ke sheet
yang lain
|
30
|
CTRL + C
|
Menggandakan/mengkopi
|
Selamat Mencoba
2 komentar
belajar menggunakan keyboard tanpa mouse bisa dilihat disini juga sob trick tombol cepat pada keyboard praktis bin mudah
Thanks untuk tutorial nya. Sangat terbantu dengan guidance nya.
Tinggalkan jejakmu dengan menulis di kolom komentar :)
EmoticonEmoticon