Musuh Dalam Selimut di Microsoft Excel

Assalamu’alaikum

Selamat pagi menjelang siang pembaca. bagaimana kabarnya pada hari ini? Mudah-mudahan selalu sehat wal afiyat, supaya bisa baca cerita yang mengandung manfaat ini sampai selesai hehe.

Mungkin pada postingan kali ini adalah cerita pribadi saya dan mungkin pernah dialami para pembaca juga.  Pembaca pasti kepo dong (pengen tau) apa sih maksudnya ‘musuh dalam selimut di Microsoft Excel’.  Bukannya Musuh dalam selimut itu ungkapan pribahasa yang artinya seseorang yang dekat dengan kita yang mau berbuat celaka pada kita.  Terus apa hubungannya dengan komputer? Apalagi Microsoft Excel? Kalo penasaran.. yuk baca sampai selesai yaa

Kita pasti tau dong Microsoft Excel itu software komputer yang berhubungan dengan Angka atau nilai. Dan belajar  Ms. Excel juga kita harus bener-bener main logika kita dong? Yups itu pasti, karena Ms. Excel punya banyak rumus-rumus yang harus dipahami oleh kita. Mungkin yang gak suka sama itung-itungan pasti udah males deh buat buka program Ms. Excel.

Sedikit motivasi dan kasih semangat nih buat yang mungkin gak suka sama itung-itungan, apalagi gak suka sama Ms. Excel karena ribet sama rumus-rumusnya, saya saranin buat terus mencoba dan merasakan serunya bermain angka dan rumus-rumus Ms. Excel. Jangan sampai kita selalu berfikir Ms. Excel itu ribet, susah, banyak rumus-rumus gak jelas. Mulai dari sekarang buang deh pikiran-pikiran negatif itu. Karena Apa yang kita pikirkan menentukan apa yang kita terjadi. Yups sangat terbukti, kalau kita pikir Ms. Excel itu sulit pasti kita sampai kapan pun pasti gak bakal bisa.

Intinya “pikiran positif = hasil positif” sebaliknya, “pikiran negatif = hasil negatif”

Nah sebelum ke cerita, saya tadi sedikit merubah pikiran pembaca yang mungkin tadinya gak suka sama Ms. Excel berubah jadi suka dan tertantang dong? Gimana siap? Beneran? Ok deh kalo emang udah suka sama Ms. Excel pasti mau dong baca postingan ini sampai selesai hehe.

Musuh dalam selimut di Microsoft Excel

Pada waktu pelajaran Ms. Excel, ada temen saya yang pada waktu itu bingung banget karena rumus yang dimasukin di kolom dan sel Ms. Excel yang keluar hasilnya angka 0 (nol), 0, dan lagi-lagi 0. padahal dia pikir rumus yang dimasukin gak ada yang salah sedikit pun. 
Dia nanya ke saya “Chan.. ko ini hasilnya nol semua ya? Padahal udah masukin rumusnya bener deh” | jawab saya “ah masa sih hasilnya nol semua? Coba teliti lagi deh penulisan rumusnya|”tetep gak bisa chan” | “ko aneh ya -_- yaudah tanya aja langsung ke dosen” | “ok deh”.

Karena teman saya udah frustasi, akhirnya temen saya nanya ke dosen.

“Mau tanya pak, ko ini setiap dimasukin rumus pasti hasilnya nol terus? Kenapa pak?”

Dosen pun menjawab “udah bener belum masukin rumusnya? Coba cek lagi deh ada kelebihan rumus apa nggak?

Jawab temen saya “udah bener ko pak masukin rumusnya”

Jawab dosen “Coba deh cek setelah kata “Tunai” dalam kolom kode kamu kepencet spasi gak?”

Temen saya pun langsung cek rumusnya dan kolom yang terdapat kata “Tunai”, dan ternyata bener kata “Tunai” yang ada di kolom kode kelebihan atau gak sengaja kepencet spasi.

Jawab temen saya “hehe iya pak bener kelebihan spasi dibelakang kata “Tunai” yang di kolom kode, terima kasih pak”.

Tepat masalahnya kayak gambar di bawah ini (contoh dalam fungsi IF)





















Jelas dong hasilnya salah, karena kata “Tunai” yang ada di kolom kode (tambahan spasi) dibandingkan pengetikan yang ada di rumus. Jadi masalahnya cuma kelebihan spasi aja dan itu bisa jadi fatal, dan bisa aja kita bakal dibuat pusing tujuh keliling mikirin masalh itu.

Dari cerita di atas kita bisa ambil pelajaran, ternyata di MS. Excel itu bener-bener gak bisa kecolongan dalam masalah rumus-rumus. Buktinya Cuma kelebihan SPASi dan itu juga kadang gak disengaja, bisa buat fatal hasilnya. Intinya rumus itu bisa dikatakan USAHA = HASIL. Kalo rumusnya salah ya pastinya hasilnya salah juga dong. So, jadi bener-bener butuh ketelitian yang tinggi dong.

Tapi tenang sob jangan takut dulu, jadiin itu sebuah tantangan buat kita lebih berkonsentrasi, dan melatih ketelitian kita dong. Anggap aja Excel jadi sebuah games yang bener-bener ngasah logika kita agar kita tambah pinter dong pastinya.

Mudah-mudahan postingan ini ada manfaatnya bagi sobat semua

3 komentar

emang bener nih musuh dalam selimut :D

iya musuh dalam selimut, iih dalam selimut. hahaha

Haha iya bro bener. harus hati2 tuh sama Excel. haha

Tinggalkan jejakmu dengan menulis di kolom komentar :)
EmoticonEmoticon